14 November, 2015

Bakamla Melaksanakan Pelatihan GMDSS (Global Maritime Distress Safety System) di Rotterdam Belanda

Badan Keamanan Laut  melaksanakan Pelatihan GMDSS (Global Maritime Distress Safety System) berkerjasama dengan STC B.V Rotterdam Belanda pada  tanggal 12 – 24 Oktober 2015 bertempat di Gedung  STC B.V Rotterdam Belanda berdasarkan surat Perintah Sekretaris Badan Keamanan Laut untuk mengikuti Pelatian GMDSS (Global Maritime Distress Safety System)  di STC  B.V Rotterdam  Beladan   Nomor Sprin-760/Sestama/Bakamla/X/2015 tanggal 7 Oktober 2015.


Tujuan Pelatihan GMDSS adalah untuk  meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan mengenai pengetahuan teoritis dan keterampilan praktis dalam mengoperasikan radio pada stasiun radio pantai  dan stasiun radio di kapal  -kapal yang memenuhi persyaratan sistem GMDSS.


Peserta pelatihan GMDSS sebanyak 14 (empat belas) orang peserta berasal dari Badan keamanan laut 7 (tujuh) orang, TNI Angkatan Laut 1 (satu) orang, Direktorat Polisi Perairan 2 (dua ) orang. Ditjen Bea dan Cukai 1 (satu) orang, Direktorat Kapal Pengawas Ditjen PSDKP 2 (dua) orang dan Ditjen Perhubungan Laut 1 (satu) orang.



Paparan disampaikan oleh tim STC B.V Rotterdam Belanda dengan topik :
a)    VHF, MF, HF transmiting
b)    EPIRB (Emegency Position Indicating Radio Beacon)
c)    Receiving Equipment (Including Digital Selective Caling)
d)     SSAS (Ship Security Alert Systems).     
e)    LRIT (Long Range Identification and Tracking of Ships)
f)     (S)VDR (SimplifiedVoyage Data Recorder)
g)    NAVTEX (navigational telex)
h)   GMDSS (Global Maritime Distress Safety System) Handheld Transceiver.
i)     Satellite Communication Equipment 
j)      AIS Sart  (Automatic Indification System sart)  

Pada sesi terakhir  dilakukan examination, baik secara praktek dan teori  dan berhasil mendapatkan serifikat pelatihan GMDSS dari STC B.V. Rotterdam Belanda.


Pada akhir pelatihan berkunjung k eke kantor The Netherlands Coastguard Centre melakukan kunjungan ke terakhir  dilakukan examination, baik secara praktek dan teori  dan berhasil mendapatkan serifikat pelatihan GMDSS dari STC B.V. Rotterdam Belanda.





Alhamdulilah tiba juga di bandara Amsterdam belanda setelah 14 jam penerbangan jakarta amsterdam tgl 10 Oktober 2015






























Tidak ada komentar: