23 November, 2017

Nilai Baik Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di PPS Kendari Tahun 2017


PPS Kendari melakukan Survei Kepuasaan Masyarakat (SKM) pada tahun 2017. Ekspo hasil survei dilakukan pada tanggal 21 Nopember 2017 diruang Rapat Kantor PPS Kendari yang dipimpin oleh A. Budi Utomo, A.Pi Plt. Kepala PPS Kendari yang dihadiri oleh anggota tim dan staf PPS Kendari.
Menurut Bapak Recky Pangemanan, A.Md, S.St.Pi,M.Si Kepala Seksi Operasional Pelabuhan PPS Kendari selaku Tim Survei Berbagai keluhan timbul dari para pengguna jasa di antaranya kecepatan dan ketepatan waktu pelayanan dan jumlah SDM yang terbatas. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja operasional PPS Kendari itu sendiri. Tujuan dalam survei ini adalah untuk mengetahui capaian peningkatan kualitas pelayanan publik Tahun 2017 terhadap 5 (Lima) jenis layanan yang sudah berstandar ISO 9001:2008.   


Sebelumnya tahun 2016 sudah dilakukan survei dengan hasil survey laporan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dengan kriteria mutu pelayanan ”B” dengan Nilai Interval 76,69 atau pengguna jasa menilai kualitas pengelolaan pelayanan masih perlu ditingkatkan.
Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode survei dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari dengan mengunakan sampel sebanyak 392 responden, untuk jumlah populasi yang sedikit mengunakan metode sensus. Metode pengumpulan data mengunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi, terdiri dari data primer berupa respon langsung melalui kuesioner dan wawancara dan data Laporan SKM PPS Kendari tahun sebelumnya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat.
Hasil survey menunjukkan bahwa dari 5 layanan yang berstandar ISO 9001:2008 yang ada di PPS Kendari terdapat yaitu :
1 layanan memberikan nilai indeks kepuasan 3,35 dengan rata-rata interval 81,52 kategori sangat memuaskan yaitu pelayanan tambat labuh, dan untuk 4 pelayanan lainnya mendapatkan predikat Baik yaitu: Pelayanan Surat Perintah Berlayar (SPB) dengan nilai indeks kepuasan 3,32 dengan rata-rata interval 73,68 dengan kategori baik; Pelayanan Surat Tanda Lapor Kedatangan Kapal (STBLK) dengan nilai indeks kepuasan 3,32 dengan rata-rata interval 73,02 dengan kategori baik; Pelayanan Sertifikat Hasil Tangkapan Ikan (SHTI) dengan nilai indeks kepuasan 3,18 dengan rata-rata interval 79,54 dengan kategori baik; Pelayanan Sewa Lahan (SL) dengan nilai indeks kepuasan 3,44 dengan rata-rata interval 75,69 dengan kategori baik.
Hal ini dapat diartikan PPS Kendari telah melakukan tugas pokok dan fungsinya dengan baik dalam memenuhi keinginan pengguna jasa yang berada di PPS Kendari untuk pelayanan yang telah berstandar ISO 9001:2008. Dari 22 atribut layanan yang ada dalam instrumen survei kuisioner terdapat tiga atribut/unsur yang masuk kategori kurang baik yaitu penyediaan fasilitas untuk disabilitas dan ibu hamil hal ini menjadi bahan masukan bagi pengambilan keputusan di PPS kendari untuk perbaikan kedepannya.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Indeks Kepuasan pengguna jasa di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari Pelayanan berdasarkan hasil Survey IKM Tahun 2017 nilai rata2 interval 76,69 dengan predikat BAIK,  untuk tahun 2016 Nilai rata2 interval 72,52. Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Tahun 2016) maka rata2  Nilai Interval IKM Tahun 2017 untuk 5 jenis pelayanan mengalami Kenaikan sebesar 4,16.. Disarankan perlu adanya penambahan SDM, sarana dan prasarana fasilitas pelabuhan yang ada, agar aktivitas perikanan di pelabuhan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan pengguna jasa.

Tidak ada komentar: